5 Tips Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar

cara mendidik anak yang malas belajar


Cara Mendidik Anak yang Malas BelajarAnak-anak malas belajar. Pernahkah Ayah dan Bunda mengalami hal ini? Atau justru sedang mengalaminya saat ini? Jika YA, apakah yang Ayah dan Bunda lakukan? Memaksanya belajar? Memarahinya? Atau membaca berbagai tips dan mencari solusi menjadikan anak-anak rajin belajar. Sebagai orang tua, merasa khawatir dengan anak-anak yang malas belajar itu wajar. Ayah dan Bunda hanya perlu menemukan solusi yang tepat. Apa solusinya?

Hal pertama yang harus dipahami orang tua dalam mengubah rasa malas belajar anak ialah mendekatinya dan mengajak bicara dari hati ke hati. Jalin komunikasi yang tepat dan jadilah partner yang baik untuk anak-anak.

Tujuannya ialah untuk mengetahui apa penyebab anak-anak malas belajar dan menemukan langkah yang tepat mendidik mereka. Setelah itu, coba terapkan lima langkah berikut :


5 Tips Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar

1. Bersama Anak, Temukan Mimpi Mereka


Tahukah Ayah dan Bunda apa mimpi anak-anak. Apa yang mereka cita-citakan? Apa yang mereka sukai? dan sebagainya.

Jika Ayah dan Bunda ingin anak-anak rajin belajar, maka kenalilah mereka terlebih dahulu. Misalnya anak suka menggambar dan ingin menjadi arsitektur, anak senang bernyanyi dan ingin menjadi musisi, dan seterusnya.

2 Berikan Pengalaman yang Dekat dengan Mimpi Mereka


Dekatkan anak-anak pada hal-hal yang berhubungan dengan impian mereka. Misalnya, dengan mengikuti kursus, melakukan perjalanan bersama, mencari buku bacaan bersama, dan masih banyak lagi.

Pengalaman ini akan sangat membantu menumbuhkan motivasi, semangat, dan keinginan dari dalam diri anak dalam bertindak. Anak-anak bisa lebih antusias, ketika mengerjakan apa yang disukai dari hati.

3 Ajak Anak-Anak Berdiskusi


Setelah mengetahui impian anak-anak dan memberikan dia pengalaman nyata terkait impiannya, maka sekarang waktunya mengajak anak-anak berdiskusi. Bersama anak-anak, Ayah dan Bunda bisa bercengkrama tentang tahap-tahap mewujudkan impiannya.

Contohnya, ketika anak ingin menjadi musisi. Salah satu yang perlu dilakukan ialah rajin belajar dan berlatih. Nilai mata pelajaran harus bagus, karena hal itu sangat berguna untuk membantu impiannya.

Berikan penjelasan pada anak antara keterkaitan apa yang dilakukan saat ini dan cita-cita yang ingin digapainya. Ayah dan Bunda juga bisa membantu anak membangun gambaran bagaimana mewujudkan impiannya.

4 Ketahui Cara Belajar yang Tepat untuk Anak


Setiap anak itu unik dan memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Untuk itu, jangan memaksakan buah hati belajar seperti cara Anda, sebagai orang tua.

Cobalah terbuka dan ketahui model pembelajaran yang seperti apa yang mereka sukai. Apakah mereka senang belajar di atas meja, apakah mereka mudah belajar ketika di luar ruangan, dan sebagainya.

#5 Berikan Fasilitas Penunjang Semangat Belajar Anak


Langkah terakhir yang perlu Ayah dan Bunda lakukan ialah memberikan fasilitas yang membantu anak-anak dalam proses belajarnya. dalam memberikan fasilitas ini, Ayah dan Bunda juga bisa mencari tahu tipe-tipe anak.

Misalnya, tipe anak kinestetik, audio, atau visual. Anak-anak visual senang belajar dengan sesuatu yang bisa mereka lihat, raba, dan rasakan, dan seterusnya. Sesuaikan fasilitas penunjang belajar anak yang Anda berikan dengan tipikal masing-masing anak yang unik.

0 Response to "5 Tips Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar"

Post a Comment